Tips Sehat Secara Umum

Beberapa tahun lalu dua dokter bernama Dr. Breslow dan Dr. Belcock telah mengadakan penyelidikan terhadap 7.000 orang dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakah cara hidup yang sehat dan cara memperpanjang usia. Hasil penelitian mereka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Memiliki hidup sehat dan berusia panjang erat sekali kaitannya dengan kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan itu adalah :

1. Makan tiga kali sehari pada waktu teratur, tanpa makan kudapan
    di antara ke tiga jam makan tersebut.
2. Membiasakan sarapan pagi.
3. Berolah-raga 2 sampai 3 kali seminggu.
4. Tidur yang cukup antara 7 sampai 8 jam sehari.
5. Tidak merokok
6. Mempertahankan berat badan ideal, tidak terlampau gemuk dan
    juga tidak terlalu kurus.
7. Tidak minum minuman yang mengandung alkohol.

Menurut Dr. Breslow dan Dr. Belcock, kalau seorang pria berusia 45 tahun menaati 3 saja dari prinsip tersebut di atas maka ia kemungkinan besar akan mendapat tambahan usia 21,6 tahun. Jadi bisa hidup terus sampai kurang lebih usia 67 tahun. Tetapi kalau ia ternyata ketat menaati ke-7 prinsip kesehatan, harapan hidupnya ditambah dengan 33,1 tahun, sehingga usianya diperkirakan akan dapat mencapai usia 70 tahun. Bukan hanya usia yang panjang saja, demikian kata mereka. Kalau ada orang yang dengan patuh menaati ke-7 prinsip yang telah dikemukakan tadi, maka ia akan memiliki keadaan yang sama dengan orang yang berusia 30 tahun lebih muda, namun tidak mempraktekkan satu pun dari ke-7 prinsip ini.

Usaha mencegah proses penuaan memang patut dipuji. Namun, betapapun kerasnya manusia berusaha, hasil akhirnya tentu sudah dapat dipastikan, yaitu: maut. Rasul Paulus berkata, "Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." (Roma 6 : 23). ***

Tidak ada komentar: