Khasiat Perkataan Yang tepat



" ...... alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya." (Amsal 15:23)

Pada suatu hari Tzu Chin bertanya pada Mencius seorang bijaksaana itu, "Guru, apakah oleh sebab jumlah perkataan yang diucapkannya seseorang menjadi mulia dan terhormat?"

Apakah jawab Mencius yang bijaksana itu? Dia mengatakan, "Katak itu bersuara keras siang dan malam, namun orang menyumpahi dia dan tak ada perubahan apa-apa terhadap ucapan kata-katanya itu. Tetapi lain halnya dengan ayam jantan yang hanya berkokok sekali saja waktu pagi-pagi buta. Segala sesuatu di langit dan di bumi ini mengalami perubahan pertanda pagi telah tiba." Yang penting bukan banyaknya perkataan tetapi "perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya."

Sungguh alangkah baik dan indahnya perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya. Orang yang letih lesu dengan kehidupan ini membutuhkan dorongan yang memberikan kekuatan. Mereka yang salah arah hidupnya memerlukan kata-kata teguran dan nasihat, mereka yang susah memerlukan kata-kata penghiburan dan lain sebagainya.

Sebagai seorang Kristen sering kita mengucapkan perkataan yang tidak tepat, hanya mau menyenangkan si pendengarnya, tetapi bukan menurut kebutuhannya sesuai dengan kehendak Tuhan. ***

Tidak ada komentar: