Orang Kristen Yang Bersekutu

"Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita ..... marilah kita saling menasihati dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat." (Ibrani 10:25).

Pada zaman purba di Roma banyak dibangun kuburan di bawah tanah yang disebut Katakombe. Mereka menguburkan si mati di Katakombe sebab mereka beranggapan bahwa penguburan di tempat tersebut akan membahagiakan si mati.

Selain berfungsi sebagai tempat persembunyian waktu terjadi peperangan. Pada abad mula-mula Katakombe ini berfungsi sebagai tempat persembunyian bagi orang Kristen yang pada waktu itu mengalami penganiayaan. Di sanalah mereka bersekutu, beribadah menyembah Yesus Kristus Tuhannya itu.
Mereka mempunyai kode-kode rahasia bagi sesama teman yang se iman. Gambar rahasia yang sering dipakai oleh mereka adalah gambar ikan.
Ikan dalam bahasa Yunaninya adalah "Ichtus", menurut mereka itu merupakan suatu singkatan dari kata Yunani :


I        =   Iesous berarti Yesus
ch     =   Christos berarti Kristus
th      =   Theou berarti Allah
u       =   Huios berarti Putera
s       =   Soter berarti Penyelamat


Arti keseluruhan perkataan itu adalah Yesus Kristus Putera Allah Juruselamat.
Bagi orang Kristen mula-mula berani bersekutu beribadah menyembah Yesus Kristus Tuhan, berarti akan mengalami penganiayaan kalau sampai ketahuan pemerintah Romawi. namun demikian tak putus-putusnya mereka senantiasa bersekutu dengan Tuhannya dan dengan sesamanya sekalipun di dalam Katakombe.
Bagaimanakah dengan sikon orang Kristen pada hari ini? Mereka mengalami keadaan yang aman untuk bersekutu menyembah Yesus Kristus Tuhannya namun kesempatan disia-siakan untuk kepentingan pribadinya sendiri. ***

Tidak ada komentar: