10 besar taman-taman yang kurang diminati



1  Great Basin National Park, Nevada. Jika teman-teman ingin mendaki gunung setinggi 3.900 meter, di sinilah tempatnya. Teman-teman juga dapat mengunjungi gua-gua yang indah. Selain itu, ada tumbuhan pinus yang berumur 3.000 tahun yang tumbuh di sini. Kalau hewan, teman-teman bisa melihat kijang, kuda liar (mustang), elang,bluebird, dan singa gunung. Luas taman ini kira-kira 31.234 hektar, lho!


2  Buffalo National River, Arkansas. Sungai yang panjangnya 219 km ini berlokasi di Arkansas. Sungai itu mengalir dari Pegunungan Boston hingga lembah Sungai Buffalo. Di sana tinggal burung pelikan, bangau, kelelawar, serigala, anjing hutan, dan beruang. Luas taman ini sekitar 38.159 hektar.


3  Big Cypress National Preserve, Florida. Taman ini diresmikan pada tahun 1974 dan berlokasi di Florida. Taman ini melindungi tanaman subtropis. Sungai yang mengalir di tengah-tengah taman ini adalah air dari Everglades. Taman seluas 232.471 hektar ini juga melindungi tanaman bakau (mangrove), pohon oak, dan juga padang rumput yang luas. Di taman ini hidup hewan-hewan buas, seperti buaya, beruang hitam (black bear), dan burung kaki panjang.


4  Colorado National Monument, Colorado. Taman ini pertama kali dibuka pada tahun 1911. Berlokasi di Colorado, taman ini memberikan pemandangan berupa susunan-susunan batu pasir dan jurang. Di taman yang seluas 8.310 hektar ini pernah ditemukan fosil Dinosaurus.


5  Wrangell–Saint Elias National Park and Preserve, Alaska. Taman ini membentang dari Teluk Alaska, sepanjang perbatasan Kanada. Dibuka pada tahun 1978, dan menjadi taman nasional dua tahun kemudian. Taman ini adalah salah satu taman terbesar di benua Amerika. Di dalamnya ada sebuah gunung yang setinggi 5.489 meter, yang tertinggi kedua di Amerika Serikat. Banyak hewan buas di sini, misalnya serigala, kijang besar (karibo), dan biri-biri yang bertanduk lengkung. Uniknya, di taman ini banyak sungai yang berkelok-kelok.


6  Wind Cave National Park, South Dakota. Taman yang luasnya 11.451 hektar ini terletak di South Dakota, dibuka menjadi taman nasional pada tahun 1903. Yang menjadi poin utama di taman ini adalah Wind Cave, yang di dalamnya terdapat banyak ruang-ruang, stalaktit maupun stalagmit. Gua ini dinamakan dengan Gua Angin karena angin kuat yang berhembus dari luar dan dari dalam. Diperkirakan angin itu terjadi karena perubahan tekanan udara. Oya, temperatur di dalam gua itu selalu tetap setiap tahunnya, 8 derajat Celsius.


7  Mojave National Preserve, California. Taman yang dibuka sejak tahun 1994 ini mempunyai luas sekitar 618.516 hektar. Taman ini banyak tumbuh tanaman kaktus,mesquite (biasanya digunakan saat barbeque untuk menambah rasa daging bakar), semak-semak, sage (tanaman yang daunnya harum, biasanya digunakan sebagai bumbu masakan), dan pohon Joshua.


8  Jean Lafitte National Historical Park and Preserve, Louisiana. Taman nasional historis ini dibuka pada tahun 1978. Nama ini berasal dari Jean Lafitte, seorang bajak laut berdarah Perancis yang hidup pada abad 18.  Taman ini dibagi dalam empat bagian. Pertama, Unit Acadian, menyimpan dokumen kebudayaan dan sejarah penduduk Cajun yang datang ke Kanada tahun 1760-an. Kedua, Unit Chalmette, untuk mengingatkan kemenangan Amerika pada konflik antara Inggris dan Amerika Serikat. Saat itu, Jean menolong Jenderal Andrew Jackson dalam menaklukkan Inggris. Jenderal Andrew kemudian menjadi presiden ketujuh Amerika Serikat pada tahun 1829-1837. Ketiga, Unit Barataria, berupa tanah berair/rawa-rawa. Keempat, Unit French Quarter, menyimpan kebudayaan di daerah delta Louisiana. Luas taman ini adalah 8.096 hektar.



9  Chaco Culture National Historical Park, New Mexico. Taman Chaco ini terletak di Meksiko. Ada dua objek menarik yang dapat ditemukan di sini. Pertama, sistem irigasi yang sangat luas. Kedua, jalanan yang sudah terbentuk sejak zaman prasejarah. Menurut National Geographic, di sini dulunya adalah pusat perdagangan, upacara, dan kegiatan administratif bangsa Pueblo kuno. Luas taman ini adalah 13.743 hektar dan merupakan tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.


10  Sunset Crater Volcano National Monument, Arizona. Monumen nasional ini dibangun pada tahun 1930 di Arizona bagian utara. Monumen ini memuat Sunset Crater, sebuah lubang sisa abu vulkanik yang terbentuk saat gunung itu meletus pada tahun 1064. Lubang itu mempunyai ketinggian sekitar 300 meter. Luas seluruh wilayah ini adalah 1.230 hektar.***

(Sumber: Dunia Pengetahuan)


(Diadaptasi dari National Geographic)

Tidak ada komentar: