Cara Aman memilih Seafood Segar



Ikan, udang, kerang dan cumi adalah jenis bahan seafood yang sangat digemari hampir semua orang. Makanan ini mengandung protein yang cukup tinggi. Sangat cocok untuk diberikan pada si kecil bagi pertumbuhan otak.

Untuk mendapatkan khasiat yang terkandung di dalamnya, kesegaran dari bahan-bahan ini harus diperhatikan. Selain itu rasa yang dihasilkan juga lebih manis di banding yang tidak segar. Berikut cara memilih

Ikan segar
Pastikan ikan memiliki kulit yang terang. Jika ditekan dengan jari, daging akan terasa keras. Mata ikan jernih dan menonjol dan insangnya masih berwarna merah. Sisiknya masih utuh dan tidak ada sobekan.

Sebaliknya, jika ikan tidak segar dapat dilihat dari matanya yang redup, sisiknya sudah banyak yang lepas dari dagingnya, insangnya berwarna gelap, perutnya lembek serta berbau busuk.

Udang segar
Tampilan warnanya jernih, dagingnya masih keras serta kulit dan kepalanya tidak mudah lepas.

Cumi segar
Jika ditekan masih terasa kenyal, warnanya ungu dengan bintik-bintik hitam.Baunya khas tidak berbau busuk.

Kerang segar
Terkadang, para pedagang menjual dalam dua pilihan apakah kerang masih dalam cangkang atau sudah lepas. Jika anda memilih kerang yang masih ada dalam kulitnya, pilihlah cangkang yang terbuka. Karena kerang dalam kondisi ini masih segar karena kerang masih hidup. Jika tidak, pilihlah daging yang masih padat dan terlihat utuh. Warnanya belum berubah dari warna aslinya dan baunya masih khas.

sumber:klikini.com

Tidak ada komentar: