3 Cara Jitu Mengampuni Orang Lain dan Diri sendiri

**Memang sulit sekali memaafkan kesalahan yg diperbuat orang lain, apalagi kesalahannya fatal / sangat menyakiti hati kita. tapi, bukan berarti kita tidak dapat menghilangkan kebencian kita pada orang tersebut. beberapa hal di bawah ini mungkin akan berguna bagi anda supaya lebih mudah memaafkan orang lain:

1. tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan/ wajar jika manusia melakukan kesalahan. dan setiap orang punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. sekali ini salah, bukan berarti selamanya terus berbuat kesalahan.

2. menyimpan dendam terhadap orang lain akan merugikan diri kita sendiri. mengapa? karena dengan perasaan dendam, maka pikiran kita akan terus2an dipenuhi ttg orang tsb, dan hati kita jadi penuh keinginan untuk mencelakainya/ menjatuhkannya. pikiran dan perasaan seperti itu hanya mengotori hati dan menambah beban pikiran kita khan???

3. semua orang punya karakter yang berbeda dan latar belakang yang berbeda, yang menyebabkan ia melakukan kesalahan tersebut. misalnya, ada seorang anak jalanan/ gelandangan yang mengumpat/ mengeluarkan kata2 kasar untuk anda, anda harusnya maklum, melihat latar belakangnya yang tidak berpendidikan dan berasal dari lingkungan yang ngga beres.. untuk apa harus jengkel padanya? dengan memahami latar belakang orang tersebut akan membantu anda dalam mengambil tindakan untuk mengatasi orang tersebut.

kira2 begitu deh, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: