Tips Keluarga

TIPS AGAR BUNGA SELALU KELIHATAN SEGAR

Kehadiran bunga dalam sebuah ruangan memang daat memberikan efek psikologis tertentu dan membuat suasana lebih semarak. Misalnya, sebuah resepsi pernikahan yang tidak lepas dari kehadirannya. Apabila kita menempatkannya di rumah atau meja kantor, kehadiran bunga dapat menjadi penyegar mata saat kepenatan menjelang setalah seharian berada di depan komputer.

Tentunya, segala efek tersebut dapat terjadi bila bunga selalu segar. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesegaran bunga:

1.   Seperti yang telah diketahui, isilah vas bunga dengan air. Ingatlah untuk selalu memeriksa jumlah airnya agar jangan sampai kekurangan. Isilah selalu vas dengan air hingga penuh. Untuk bunga mawar dapat menggunakan air yang suam-suam kuku.

2.   Untuk vas bunga yang menggunakan oasis, jagalah agar oasis tersebut tetap basah dengan menuangkan air.

3.   Potonglah daun-daun yang bersentuhan dengan air, karena bila dibiarkan daun tersebut mudah busuk dan menimbulkan bakteri. Akibatnya bunga pun menjadi layu.

4.   Jangan letakkan karangan bunga anda di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau tempat yang menghasilkan panas dan kering, seperti barang elektronik. Hal ini dapat membuat bungan menjadi layu dan kering. Sebaiknya meletakkan bunga di tempat yang sejuk.

5.   Jangan letakkan bunga berdekatan dengan buah yang sudah masak. Hal ini disebabkan karena saat buah masak, buah melepaskan sejumlah gas ethylene yang akan mempercepat perkembangan bunga.

6.   Sebaiknya jangan terlalu sering memegang tangkai bunga apalagi meremas atau melukai batang, dan menggunakan gunting tumpul. Hal ini dapat menghancurkan jaringan penyerap air sehingga pengambilan air terhambat. Hal tersebut juga dapat membuat bunga mengalami “stres” sehingga cepat layu.

7.   Kesegaran bunga tidak hanya karena dirawat, tapi juga dimulai sejak awal pembelian. Anda harus ingat bahwa bunga tidak boleh terlalu lama tidak diberi air. Saat membeli bunga dan sekiranya akan menghabiskan waktu yang cukup lama di perjalanan. Bungkuslah pangkal batang bunga dengan kertas basah atau dengan busa basah.

Tidak ada komentar: