LEFT BEHIND

Apakah yang disampaikan di dalam seri novel "Left Behind" (Yang Tertinggal) ?
(Diambil dari Pendahuluan buku "Left Behind Deception", oleh Steve Wohlberg).
"Left Behind Deception" adalah buku yang dikarang oleh Steve Wohlberg sebagai tanggapan atas novel berseri berjudul "Left Behind" karangan Tim Lahaye dan Jerry Jenkins.-red

Di radio, televisi, internet/ jaringan dunia, dan tempat-tempat lainnya yang tidak terhitung, umat Kristiani saat ini sedang membicarakan sebuah buku yang sangat laku terjual (best selling book) yaitu "Left Behind" - yang berisi tentang nubuatan Alkitab, bangkitnya Antikris, dan akhir jaman. Semua bermula pada tahun 1995 ketika "Left Behind" pertama kali memasuki toko-toko buku. Pengarangnya, pelajar Alkitab Tim LaHaye dan penulis Jerry Jenkins, memimpikan bahwa "Barnes & Noble" akhirnya menjadikan "Left Behind" sebagai satu dari 10 buku-buku terkenal di abad ke-20 (one of the top ten best selling books). Karena peluncurannya yang sukses dan meledak, pengarangnya memutuskan untuk mengembangkan proyek tersebut menjadi 12 buku yang berurutan. Yang mengherankan, buku-buku tersebut akhir-akhir ini meroket dan dimasukkan dalam daftar "best seller" oleh New York Times, Wall Street Journal, dan USA Today, dan mengakibatkan LaHaye serta Jenkins di interview oleh Larry King Live. Novel-novel tersebut dijuluki "Seri fiksi Kristen yang paling sukses". Tanggal 2 Pebruari 2001, Film "Left Behind" dipertontonkan di gedung-gedung bioskop di seluruh Amerika Serikat.
Buku-buku tersebut berisi novel fiksi yang memberikan gambaran yang mempesonakan tentang apa yang dipercaya banyak orang , akan muncul pada "akhir dunia" ketika nubuatan-nubuatan Alkitab dalam buku Wahyu digenapi.

Novel Left Behind dimulai dengan lenyapnya jutaan orang Kristen secara tiba-tiba (peristiwa ini disebut Pengangkatan/Rapture). Umat manusia yang tersisa, yang tertinggal, dikejutkan oleh keadaan dunia yang kacau balau. Mobil-mobil tanpa pengemudi bertabrakan, pesawat tanpa pilot hancur bertubrukan, dan kepanikan universal melanda dunia sebagai akhir dari periode nubuatan yang disebut "Masa kesukaran/tribulasi". Ditengah-tengah kekacauan yang tak terbayangkan, manusia misterius Nicolae Carpathia, mewakili Antikris, bangkit menjadi pemimpin dunia dengan menjanjikan kedamaian. Carpathia mengambil alih Amerika Serikat dan dengan cepat mendirikan satu pemerintahan dunia. Namun tidak semua orang mau menjadi pengikutnya. Sekelompok umat Kristen baru, menyebut diri mereka "Tribulation Force", menyadari penyamaran Nicolae dan bertekad melawan kekuatan hipnotisnya. Akhirnya, sebagai usaha terakhir untuk mengontrol seluruh dunia, Carpathia membuat alat untuk mengetest kesetiaan seseorang - suatu biochip berteknologi tinggi yang ditanamkan pada dahi dan tangan semua orang (disebut Tanda Binatang).
Sesungguhnya, "Left Behind dipenuhi dengan kejutan, aksi (action) dan petualangan" (dikutip dari sampul video dari film LEFT BEHIND). Baik dalam buku maupun film, diceritakan mengenai kehidupan beberapa orang yang tertinggal dalam peristiwa Pengangkatan, mereka terpaksa untuk bertahan melawan Antikris dan tandanya yang mematikan itu. Meskipun Left Behind adalah khayalan, ia mempunyai kekuatan tersembunyi untuk menyatakan "kebenaran" (yang dianggap benar -red) Alkitab. Komentar-komentar positif banyak bermunculan: "LEFT BEHIND: merupakan Filem yang sangat bagus dalam menggambarkan apa yang menurut Alkitab akan terjadi dalam peristiwa Pengangkatan" (Dr. Bill Bright, Presiden dari Campus Crusade of Christ - di Indonesia lembaga ini dikenal sebagai Lembaga Pelayanan Mahsiawa Indonesia/LPMI -red). "Film ini ditulis dengan penuh kepekaan, diarahkan/disutradarai, diperankan dan diproduksi dengan baik. Saya merasa film ini adalah benar-benar satu dari yang amat terbaik dari produksi film Kristen yang pernah dibuat" (Pat Boone, aktor).

Si pengarang buku, LaHaye dan Jenkins dengan tulus mengharapkan untuk menggugah para pembacanya agar segera memilih Yesus Kristus, sehingga mereka dapat pergi ke surga pada saat Pengangkatan, terhindar dari masa kesukaran, dan tidak usah menghadapi Antikris beserta tandanya. Tidak diragukan bahwa jutaan hati telah tersentuh oleh proyek ini, orang-orang tersebut telah terpengaruh untuk memberikan hidup mereka kepada Yesus Kristus, dan umat Kristen dimana saja telah dibawa untuk memikirkan lebih serius mengenai hari-hari akhir jaman dan kedatangan Tuhan. Bahkan orang muda juga dijamah melalui versi khusus dari buku Left Behind yang dibuat untuk anak-anak, yang termasuk peralatan bawah tanah untuk bertahan dalam masa kesukaran (Tribulation Force Undergroud Kit). ***

Tidak ada komentar: