Tips Keluarga 1

YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MENCUCI PAKAIAN

Pakaian adalah benda yang setiap saat menempel dan berfungsi untuk menutupi aurat tubuh kita. Bukan hanya sebagai penutup tubuh, bagi sebagian kalangan, pakaian juga berfungsi untuk mendongkrak penampilan, bahkan bisa menunjukkan kelas dan status seseorang. Oleh karena itu, pakaian juga memerlukan perhatian khusus agar tetap terlihat apik dan menarik saat dikenakan. Perawatan yang dimaksud di sini termasuk juga proses pencucian pakaian.

Agar pakaian tetap awet, apik dan senantiasa menarik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat proses pencucian berlangsung, antara lain adalah :

1.   Selalu menyesuaikan cara pencucian pakaian dengan sifat bahan. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua jenis pakaian bisa dicuci dengan cara yang sama. Umumnya bahan pakaian dari serat alami tak bisa dicuci secara sembarangan. Bahkan untuk jenis tertentu seperti wol atau sutra hanya bisa dicuci dengan teknik dry clean.

2.   Saat mencuci pakaian pisah pakaian putih dari pakaian berwarna sebagai tindakan antisipasi jika ternyata salah satu dari pakaian berwarna milik anda luntur. Hal ini berlaku pada saat anda merendam pakaian.

3.    Jika saat makan, baju kesayangan anda terciprat kuah soto berbahan dasar kunyit atau terkena air teh saat minum, segera bersihkan pakaian dari noda tersebut karena biasanya noda yang amasih baru cenderung mudah dibersihkan. Setelah noda hilang dari pakaian barulah dicuci seperti biasanya.

4.   Sebelum menggunakan bleaching atau pembersih noda, terlebih dahulu lakukan tes kelunturan dengan membubuhkan cairan bleaching pada bagian yang tersembunyi. Tunggu beberapa saat. Jika terjadi perubahan warna, jangan gunakan produk tersebut.

5.   Agar bau semakin nyaman dikenakan, ada baiknya jika pada saat proses pembilasan pakaian yang terakhir anda menambahkan pelembut dan pengharum pakaian.

6.   Agar warna pakaian tetap cerah dan tak kusam, jangan lupa untuk membalik pakaian saat dijemur.

Tidak ada komentar: