Cara Menangani Alergi Secara Efektif



Alergi, pastinya kita semua sudah tau dengan istilah tersebut. Hampir semua orang di bumi ini memiliki gejala alergi terhadap sesuatu, misalnya alergi sama kucing, sama anjing, bahkan juga ada yang alergi sama makanan. Gejala alergi bisa lewat berbagai macam cara seperti bersin-bersin, batuk atau bintik-bintik merah di kulit yang terasa gatal.
Menyinggung masalah alergi ini, sebenarnya apa sih penyebab alergi itu?
Alergi disebabkan oleh alergen atau faktor pemicu alergi tertentu. Alergen ini bisa berasal dari makan, obat-obatan, debu, bulu hewan atau hal-hal lainnya. Dari alergen ini, kemudian timbullah reaksi yang berhubungan dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita.
Karena alergen ini dianggap sama tubuh kita sebagai bakteri atau benda asing, maka dari dalam ubuh kita secara otomatis akan melepaskan histamin (substansi). Histamin ini yang menimbulkan gejala alergi pada kita. Semakin banyak histamin yang dilepaskan oleh tubuh, maka akan semakin parah juga gejala alergi kita.
Alergi ini membuat kita kurang baik saat menjalani aktivitas kita sehari-hari. Untuk itu saya mau share bagaimana cara menangani alergi ini. Yang pertama adalah selalu waspada apabila kita mau milih makanan, khususnya makanan yang di dalam kemasan ya. Baca dan perhatikan dengan teliti kandungannya, jangan sampai ternyata salah satu bahan buatannya mengandung bahan makanan yang membuat kita menjadi alergi.
Kalau kita alergi sama obat, sebaiknya tanya sama dokter, obat apa aja yang kurang sesuai buat kita karena obat tersebut bisa bikin kia jadi alergi. Kemudian jika kita alergi sama debu, sebaiknya selalu bersihkan secara rutin rumah, ruangan kamar dan lainnya setiap hari. Jadi debu yang ada di dalam ruangan atau lainnya bisa berkurang.
Sekian informasi yang bisa saya share mengenai tips menangani alergi. Semoga postingan tips sehat ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua…

sumber : inginsekalisehat.wordpress.com

Tidak ada komentar: