Mengapa timbul perasaan ngilu bila melihat irisan mangga muda?


Di kedua sisi wajah dan di bawah lidah terdapat kelenjar ludah yang memproduksi air ludah yang dibutuhkan agar makanan dapat dikunyah sebagai awal dari proses pencernaan.

Kelenjar ini cepat bereaksi terhadap rangsangan, terutama yang masam. Karena air ludah bersifat alkali, maka salah satu tugasnya ialah menetralisir makanan yang sama.

Sesuatu yang masam memancing keluar banyak air ludah, sehingga terkadang kelenjarnya terasa ngilu karena harus terlalu cepat berproduksi.

Kadang-kadang pipa kelenjar ludah yang menuju ke pipi bagian dalam tersumbat, akibatnya air ludah masuk kembali ke dalam kelenjar sehingga pipi membengkak dan menimbulkan rasa nyeri. Bila hal ini sering terjadi, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Sangat mungkin, dokter dapat mendiagnosis dan menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Tidak perlu bagi anda untuk melihat buah yang masam seperti jeruk, misalnya, yang dapat merangsang kerja kelenjar. Dengan membayangkan buah yang masam itu saja, cukup membuat kelenjar ludah anda bekerja, sehingga terbitlah air liur. Hal ini digunakan oleh beberapa dokter untuk mendiagnosis parotitis (radang kelenjar ludah telinga=sakit beguk/gondong). Pasien diminta menutup mata dan membayangkan sedang mengisap air jeruk yang masam. Bila ia kemudian memegang pipinya dan mengaduh merasa ngilu berarti memang benar ia menderita radang kelenjar ludah. ***

Claire Rayner

Tidak ada komentar: