Bohong

Penduduk ibu negeri Guyana yang berjumlah sekitar tiga ratus ribu orang itu bulan Juli sering dikacaukan oleh para pembohong yang mengatakan akan melakukan pemboman. Hampir setiap hari ada telepon atau surat tak dikenal yang berisikan ancaman itu, terutama ditujukan pada kantor dan sekolah.

Issue-issue bohong yang sempat membuat penduduk panik itu timbul sejak Wolter Rodney tewas tanggal 13 Juni 1980 akibat bom yang dipasang di mobilnya.

Bohong merupakan perbuatan yang selama ini dianggap jahat. Banyak orang yang suka berlaku bohong untuk bermacam-macam tujuan. Ada yang bohong untuk jaga gengsi, ada yang bohong untuk melindungi orang lain dan ada pula yang membohong untuk membuat lelucon.

Tanggal satu April yang kita kenal dengan istilah April Mob seolah-olah merupakan "hari bohong sedunia". Pada hari itu banyak orang yang gemar membuat cerita-cerita bohong. Di Eropa, Di Asia atau pun di Amerika pada tanggal satu April banyak oang becerita bohong untuk membuat lelucon. Beberapa tahun yang lalu, tiap-tiap tanggal satu April surat kabarpun ada pula yang memuat berita-berita bohong. Tetapi bagi pembaca yang sadar bahwa hari itu tanggal satu April, mereka hanya tertawa saja mendengar berita itu.

Pada tahun 1978, tepatnya pada tanggal 1 April, saya tidak masuk kerja. Waktu itu kepala saya pusing sehingga tidak bisa ke kantor. Rupanya hari itu dimanfaatkan oleh seorang teman saya yang gemar iseng.
Ia mengatakan kepada teman-teman di kantor bahwa hari itu saya meninggal dunia. Akhirnya kira-kira jam sebelas mereka berdatangan ke rumah saya dengan membawa karangan bunga. Ketka saya keluar menyambut kedatangan mereka, tentu saja mereka terkejut. Dan seketika itu seorang dari mereka sadar bahwa hari itu adalah "April Mob" Kemudian mereka tertawa serentak dan saya sendiri menjadi geli.

Rupanya dengan tujuan apapun, orang yang bohong tetap dianggap tidak baik. Oleh karena itu jika Anda ingin menjaga wibawa Anda atau harga diri Anda, bicaralah yang benar. Separti ada tertulis :

"Berkatalah benar seorang kepada yang lain dan laksanakanlah hukum yang benar, yang mendatangkan damai dipintu-pintu gerbangmu. Janganlah merancang kejahatan dalam hatimu seorang terhadap yang lain dan janganlah mencintai sumpah palsu. Sebab semuanya itu Kubenci, demikianlah Firman Tuhan." (Zakh. 8:16) ***

Tidak ada komentar: