Manfaat Bawang Putih



Salah satu jenis bawang selain bawang merah, bawang bombai, adalah bawang putih. Bawang putih sudah menjadi bumbu dalam setiap masakan, dan katanya bawang putih ini merupakan kunci masakan biar jadi tambah mantap. Tapi ga salah kliatane, klo ga pake bawang putih masakan jadi kurang mantap. Balik lagi ke khasiat bawang putih, selain dalam dunia kuliner dalam dunia pengobatan bawang putih juga mempunyai peranan penting. Bawang putih mengandung senyawa alicin, senyawa alicin berkhasiat menghancurkan pembekuan darah dalam ateri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.
Selain alicin, bawang putih juga mengandung alil yang berkhasiat memerangi penyakit – penyakit degeneratif dan mengaktifkan sel – sel baru.

Berikut khasiat – khasiat bawang putih untuk kesehatan :

Mengobati Disentri
Caranya : Kupas 2 siung bawang putih dan cuci bersih, kemudian rebus dengan segelas air dan minum 3 kali sehari sebelum makan selama 2 – 3 hari.

Mengobati Sakit Maag
Caranya : Kunyah bawang putih laki – laki ( bawang putih yang tumbuh sendiri, tunggal tidak bergerombol ) 3 kali sehari.

Mengobati Nyeri Haid
Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih sambil minum 2 sendok makan air hangat. Dan lakukan 2 kali sehari.

Mengobati Bronchitis
Caranya : Lumatkan 30 g bawang putih yang telah di kupas kemudian campurkan dengan gula batu dan segelas air hangat. Diamkan selama 5 – 6 jam lalu minum 1 sendok makan setiap hari.

Mengobati Asma
Caranya : Lumatkan 3 siung bawang putih kemudian beri 1 sendok makan madu dan gula batu yang sudah di cairkan secukupnya. Campurkan semua bahan hingga merata dan minum setiap hari hingga sembuh.

Mengobati Migrain
Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih dan telan sambil minum air hangat, lakukan 3 kali sehari.

Mengobati Hipertensi
Caranya : Kunyah 2 – 3 siung bawang putih, lalu di telan sambil minum air hangat dan lakukan 3 kali sehari.

Mengeluarkan Duri, serpihan kaca
Caranya : Lumatkan bawang putih dan tempelkan pada bagian yang terkena serpihan kaca atau duri.

Tips Kesehatan

Tidak ada komentar: