4 Mengatasi Masalah dengan Pasangan



Selama manusia hidup, masalah akan selalu ada, termasuk dalam kehidupan berumah tangga. Cepat atau lambat Anda akan mengalami masalah bersama dengan pasangan. Namun, persoalannya bukanlah seberapa sering masalah menimpa kehidupan Anda bersama pasangan, melainkan bagaimana mengatasi dan berusaha meminimalkan konflik dengan pasangan Anda. Empat hal berikut ini mungkin bisa menolong Anda.

1. Jangan pernah membiarkan masalah tidak terpecahkan. Banyak pasangan berpikir bahwa masalah
mereka akan selesai dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun faktanya tidak demikian! Semakin dibiarkan, masalah akan semakin membesar dan berpotensi mengancam hubungan Anda dengan pasangan. Oleh karena itu, penting sekali untuk berusaha menyelesaikan masalah sesegera mungkin, terutama ketika masalah tersebut baru saja datang, sederhana, dan belum terlalu kompleks.

2. Jangan pergi tidur dalam keadaan marah. Alkitab menasihatkan agar orang percaya berusaha memadamkan amarahnya sebelum matahari terbenam. Di satu sisi, hal itu berarti Anda harus berusaha membereskan masalah secepatnya, kalau bisa sebelum waktu tidur. Namun di sisi lain, faktanya Anda memerlukan waktu cukup untuk benarbenar siap menyelesaikan masalah. Mungkin hal itu memakan waktu lebih dari satu hari karena beberapa masalah sukar diselesaikan dalam waktu singkat. Namun, Anda perlu memastikan bahwa hati Anda dalam keadaan baik ketika pergi tidur.

3. Dahulukan kepentingan pasangan Anda. Mendahulukan kepentingan pasangan dapat membuat pasangan Anda merasa nyaman, merasa dihargai, dan dikasihi oleh pasangannya. Mendahulukan pasangan juga meminimalkan adanya saling menuntut antara Anda dengan pasangan.

4. Berkomunikasilah dengannya setiap hari. Hal ini dapat mempertahankan ikatan hati Anda dengan pasangan. Kepekaan Anda terhadap perasaan pasangan juga meningkat sehingga konflik akibat masalah yang terjadi dapat diminimalkan.

Disadur dari: Have an Excellent Husband in 5 Days/ Dr. Kevin Leman/ Penerbit ANDI.

Sumber: Renungan Malam

Tidak ada komentar: