BAGAIMANAKAH MASA DEPAN ANDA ?



ESKATOLOGI,  kata yang besar menurut kamus teologi berarti, "cabang teologi yang membahas peristiwa-peristiwa terakhir dalam sejarah dunia dan manusia." Alkitab memberitahukan kepada kita banyak peristiwa-peristiwa yang akan datang. Kita harus ingat bahwa peristiwa-peristiwa itu akan mempunyai pengaruh yang langsung dan praktis kepada hidup kita.

Salah satu peristiwa-peristiwa  yang ada di masa depan kita adalah kematian.  Peristiwa-peristiwa ini akan terjadi kepada semua manusia. Kematian artinya berpisah.  Alkitab mengatakan tentang tiga jenis kematian yang berbeda.  Hari ini kita akan melihat tiga jenis kematian. Beberapa orang akan melewati semua kematian ini, beberapa orang akan melewati dua kematian ini dan beberapa orang akan hanya melewati satu kematian ini saja. Kita akan belajar bahwa kita hanya akan melewati salah satu kematian ini.

Kematian yang pertama yang kita akan lihat ialah kematian secara jasmani.  Kematian ini terjadi pada waktu rohani dan nyawa terpisah dari badan.  Roma 5:12 berkata " Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang  telah berbuat dosa."  Di sini, kita belajar bahwa semua manusia dilahirkan dengan dosa.  Semua manusia yang telah dilahirkan dalam dunia adalah orang berdosa.  Menurut Roma 3:10 " Tidak ada yang benar, seorangpun tidak." Jadi oleh karena dosa, semua manusia akan mati sekali secara jasmani. Ingatlah, saya tidak berbicara, tentang yang rohani atau abadi.

Ketika saya tinggal di Amerika dan berkunjung ke masing-masing orang yang lain.  sering kali saya bisa bertanya kepada mereka tentang dua hal yang Allah mau semua  manusia harus lakukan dalam hidupnya ? Setiap kali mereka menjawab kepada saya begini, "kita harus mati dan membayar pajak "  Saudara-saudara mereka hanya benar setengah. Iblis sudah menipu mereka, karena Ibrani 9:27 berkata "Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi."   Ya, semua manusia akan berdiri dihadapan Allah untuk dihakimi, baik orang Kristen ataupun yang bukan Kristen. Saudara sekalian tahu bahwa seseorang menjadi orang Kristen kerena mereka bertobat dari dosa mereka dan bukan karena mereka orang yang baik.  Menurut Alkitab Orang Kristen akan dihakimi untuk hal yang mereka lakukan sebagai orang Kristen baik untuk hal yang baik maupun buruk. Dan mereka akan menerima hadiah-hadiah untuk hal-hal yang baik yang mereka lakukan untuk Yesus saat mereka menjadi orang Kristen.  Kita tahu juga, bahwa hukuman di neraka akan menjadi berbeda juga.  Beberapa orang yang tidak diselamatkan akan menerima hukuman lebih hebat daripada orang-orang lain.  Oleh karena itu, Allah adalah Allah yang adil, selalu menghukum manusia dengan benar bagi dosa mereka.

Menurut Alkitab manusia tidak akan membawa setiap kepunyaannya bersama mereka ketika mereka meninggal dunia. I Timotius 6:7  berkata, " Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar."

Kenyataan penting yang lain, tentang kematian secara jamani, untuk seorang Kristen tidak ada ketakutan dalam kematian. I Korintus 15:55-57 " Hai maut dimanakah kemenanganmu? Hai  maut, di manakah sengatmu?"  Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus." Yesus adalah satu-satunya harapan manusia.  Rasul Paulus  berkata dalam II Korintus 5:8 " tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan."  Seorang Kristen seharusnya menunggu dengan sukacita hari saat kita meninggal dunia supaya kita bisa bersama-sama dengan Yesus Kristus.

Kematian yang kedua ialah kematian secara rohani.  Kematian ini, ialah rohani terpisah dari Allah. Keadaan ini terjadi pada semua manusia yang pernah dilahirkan dalam dunia.  Semua manusia yang dilahirkan akan mati secara rohani.  Setiap orang yang hidup hari ini, sudah mati secara rohani kecuali kalau mereka sudah menjadi orang Kristen dan  sudah percaya dalam Yesus Kristus sebagai Juru Selamat mereka. Semua orang yang dilahirkan kembali sudah memiliki hidup yang baru. Semua orang yang belum dilahirkan kembali akan mati secara rohani. Berpisah dari Allah sampai mereka menjadi dilahirkan kembali.  Rasul Paulus berkata tentang keinginan daging mereka dalam Roma 8:6-7, "Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah,"  Rasul Paulus berkata bahwa manusia yang penuh dengan keinginan daging akan mati secara rohani dan akan berjalan dalam kedagingan, membenci Allah dan hal-hal yang berasal dari Allah.  I Korintus 2:14 berkata " Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah.  karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan Ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani." Manusia duniawi adalah manusia yang belum diperbarui melalui kelahiran yang baru. Tentu saja keadan ini seperti semua manusia saat mereka dilahirkan ke dunia. Satu-satunya cara untuk menghindari kematian rohani ialah dengan dilahirkan kembali.  Yohanes 3:3-5 berkata, " Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali , Ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."  Kata Nikodemus kepada-Nya: Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau Ia sudah tua? Dapatkan Ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi."  Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu,  sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, Ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan  Allah."  Yohanes 3:15,16,dan 18 berkata " Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini., sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-NYA yang tunggal, supaya setiap orang yang percara kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.   " Barangsiapa percaya kepadaNya, Ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, Ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah."                  
Saudara-saudara percayalah dalam darah Yesus Kristus yang dicurahkan diatas salibNya. Kalau Saudara berharap bahwa dengan menjadi anggota suatu gereja, mempunyai hidup yang baik atau melakukan hal-hal yang baik Saudara akan naik ke surga. Saudara keliru karena hanya dengan percaya dalam Yesus dan bertobat dari dosa Anda. Anda bisa naik ke surga. Walaupun Anda hidup dengan sangat baik tetapi tanpa mengakui Yesus Kristus sebagai Juru Selamat Anda, Saudara tidak akan naik ke surga.  Kalau Anda belum menjadi orang Kristen, Anda seharusnya bertobat dosa Anda saat ini juga dan menjadi orang Kristen. Kemudian Anda bisa dengan pasti akan naik ke surga setelah Anda meninggal dunia.  Saudara-saudara janganlah terlambat hari ini menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamat Anda.

Kematian yang ketiga ialah kematian yang abadi. Kematian yang abadi ialah berpisahnya jiwa seorang dari hadirat Allah selama-selamanya.  Menurut injil Wahyu 21:8 kematian tersebut ialah,  kematian yang kedua.  "Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir,  penyembah-pemyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua." Saudara-saudara ayat ini juga mengatakan bahwa tempat ini bernyala-nyala dengan api dan belerang selama-lamanya.  Tempat ini bernama Neraka. Saudara-saudara kita sekalian tahu bahwa kita harus meninggal dunia secara jasmani, tetapi kita tidak perlu meninggal dunia secara rohani atau secara abadi.  Yesus Kristus berkata dalam Yohanes 5:24 "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, Ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab Ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup."  Yesus berkata kalau saudara bertobat dari dosa Saudara, Dia akan memberi kepada Saudara hidup yang kekal.  Sekarang, Saudara tidak akan pernah binasa. Saudara-saudara, kalau saudara sekalian menerima FirmanNya Dia akan menyelamatkan Saudara. Kalau, saudara menolak FirmanNya menurut Yohanes 12:48 FirmanNya akan menghakimi Anda. "Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada dihakimnya, yaitu Firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman."


Allah memberitahukan kepada kita dalam Mazmur 95:8 " Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun."  Saudara-saudara janganlah keraskan hati saudara, karena Yesus mati untuk anda Dia mengasihi Saudara sekalian.  Bukalah hati Anda kepada Dia. Yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup. tiada seorangpun yang datang kepada Allah kalau tidak melalui Yesus.  Saudara-saudara saya mohon kepada Saudara sekalian, datanglah Yesus Kristus hari ini, sebelum menjadi terlambat dan Anda meninggal dunia tanpa Yesus dan mati secara abadi.  Matius 7:13,14 berkata,  " Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."  Pintu yang mana Saudara akan masuk hari ini?  Berapa kematian, yang Anda lihat di masa depan Anda? Kalau Anda mau masuk melalui pintu yang menuju hidup yang kekal, Anda harus memiliki Yesus sebagai Juru Selamat Anda. Tiada jalan lain yang akan menuju kepada hidup yang kekal. Hanya Yesus Kristus yang mati untuk Anda, bukan orang lain.  Bertobatlah dari dosa Anda hari ini dan terimalah Yesus sebagai Juru Selamat Anda dan Saudara sekalian akan bersukacita selama-lamanya. (NN)

Tidak ada komentar: