Penganut Kristen Capai 1/3 Penduduk Dunia



Sebuah studi besar di Amerika Serikat yang dirilis Senin (19/12) menempatkan jumlah orang Kristen di seluruh dunia mencapai 2,18 miliar atau hampir sepertiga dari populasi global yang diperkirakan 6,9 miliar.
   
Penganut Kristen kembali mencapai proporsi penduduk dunia seperti yang mereka lakukan abad yang lalu. Tetapi dua pertiga dari penganut Kristen  yang pada tahun 1910 merata di Eropa, sekarang justru tersebar lebih luas di seluruh dunia, menurut Pew Research Center.  
 
Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko memimpin daftar negara dengan jumlah terbesar penganut Kristen. Sementara Rusia, Filipina dan Nigeria, masing-masing  memiliki angka terbesar di daratan  Eropa, Asia-Pasifik dan Afrika.
   
"Kekristenan hari ini - tidak seperti abad yang lalu - benar-benar kepercayan yang mendunia," kata Pew Research Center dalam ringkasan laporan eksekutif  "Kekristenan Global," yang diproduksi oleh Forum Pew pada Agama dan Kehidupan Publik.
   
Menurut penelitian ini, setengah dari semua orang Kristen adalah penganut Katolik, sementara 36,7 persen Protestan dan 11,9 persen Ortodoks. Hampir 37 persen tinggal di Amerika Utara dan Selatan, dan 26 persen di Eropa, sementara 23,6 persen di Sahara Afrika dan 13,1 persen di Asia-Pasifik. Hanya 0,6 persen di Timur Tengah dan Afrika Utara.  
 
Temuan laporan tersebut, diposting di situs Pew Research Center (www.pewforum.org) yang terutama didasarkan pada suatu analisis  negara per negara dari sekitar 2.400 sumber data, termasuk sensus dan survei penduduk.
   
Dalam sebuah laporan pada awal tahun ini, Pew Research Center memperkirakan populasi Muslim dunia mencapai 1,6 miliar. Angka itu diproyeksikan tumbuh sekitar 35 persen, sehingga kelak  menjadi 2,2 miliar pada tahun 2030.


sumber:suarapembaruan.com

Tidak ada komentar: