Konglomerat Cina, Ingin Membeli Yahoo Secara Keseluruhan


Jack Ma. chinadaily.com.cn

Saat Yahoo! sedang limbung, sejumlah konglomerat siap mencaploknya bak burung nazar menunggu korban. Peminat Yahoo! bukan saja investor dari Lembah Silikon, Amerika Serikat. Ada juga konglomerat dari Cina.

Adalah bos toko online terbesar di Cina, Alibaba.com, Jack Ma, yang berminat membeli Yahoo!. Dia ingin membeli portal itu secara keseluruhan. Demikian berita yang dilansir Reuters. 
"Barangkali cuma kami yang memahami kondisi Yahoo!," kata Jack Ma, guru bahasa Inggris yang sukses memimpin Alibaba.com. Jack Ma bahkan telah lama menggandeng Yahoo! Inc. untuk menggarap pasar Yahoo! Cina.

"Sangat tertarik pada Yahoo," kata Jack Ma lagi. 

Kantor berita Reuters menulis Jack Ma sudah mendiskusikan peluang mengambil alih Yahoo. Jack Ma bahkan mengungkapkan kabar itu saat dia berbicara di Universitas Stanford, Palo Alto, California. Amerika Serikat. Meski demikian, sejak kunjungannya di Amerika, Jack Ma mengakui tidak bertemu dengan pihak Yahoo. 

Bila Jack Ma serius mengambil Yahoo!, maka ini untuk pertama kalinya konglomerat Cina menguasai portal Amerika Serikat. Mengambil Yahoo! akan memperluas kerajaan bisnisnya. Sudah santer terdengar bahwa Alibaba memang melirik pasar Amerika.

Setelah Yahoo! memecat CEO-nya, Carol Bartz, mereka kini mengalami gonjang-ganjing. Harga sahamnya sempat anjlok, tapi kembali naik menjadi 13,8 dollar AS per lembarnya. 


sumber:reuters / tempointeraktif.com

Tidak ada komentar: