Perahu Pertama



Aneka kapal selalu menawan hati. Sebuah yacht yang meluncur lewat sungguh indah. Begitu juga kapal samudra, kapal perang atau kapal barang. Semasa kanak-kanak, kita senang mengapungkan kapal mainan di bak mandi. Menginjak remaja, kita suka akan berbagai kapal model. Dan apakah yang lebih menarik daripada membuat kapal atau rakit, atau bermain dengan perahu karet di pesisir? Sungguh mempesonakan!
Sejak dulu orang membuat perahunya sendiri. Dimulai dari sepenggal kayu, atau beberapa potong yang diikat menjadi satu. Pemukiman mereka biasanya di tepi sungai, karena lebih mudah bepergian lewat sungai daripada menyusup jalur hutan yang berbahaya. Mencari ikan dengan perahu juga lebih mudah.
Suatu saat seseorang berpikir untuk membuat rongga pada balok kayunya dengan api atau alat bantunya. Lama-kelamaan haluan kayunya yang berongga itu dibuat runcing untuk memudahkan memotong air. Itulah awal-mula sebuah kano. Kano yang dipergunakan oleh manusia-manusia primitip di tempat-tempat terpencil dewasa ini, memperlihatkan asal-usul sebuah kapal. ***

sumber: buku "Kisah Kapal" terbitan BPK Gunung Mulia

Tidak ada komentar: