Mobil Canggih Super Listrik Asal Australia



Australia mulai menggeliat. Setelah sebelumnya berhasil menjadi tempat lahir supercar bernama JP1, kini negeri kanguru tersebut kembali menjadi tempat lahir mobil eksotis lainnya. Kali ini, mobil yang baru lahir adalah Varley evR-450 yang merupakan sebuah supercar bertenaga listrik.

Seperti dilansir autoevolution, Senin (12/12/2011) mobil super bertenaga listrik ini dilahirkan oleh Varley Electric Vehicles yang merupakan anak perusahaan dari Varley Group yang biasa membuat komponen di Australia. Kini perusahaan tersebut ingin melebarkan sayap dengan melahirkan mobil sendiri.

Varley evR-450 lahir secara hand-made dengan sasis monokok dari bahan aluminium. Mobil tersebut digerakkan oleh motor listrik twin carbon ironless core yang dibuat khusus oleh Ultramotive Technologies serta inverter buatan Tritium Wavesculptor.

Kekuatan untuk motor listrik tadi disuplai oleh baterai lithium-ion berkapasitas 24 kWh yang mampu membuat mobil ini bisa menjelajah sejauh 100 km sebelum mengisi lagi tenaganya selama 8 jam di stop-kontak rumah.

Baterai tersebut juga sanggup memberi kekuatan pada mobil listrik ini agar bisa berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 180 km/jam.

Selain 'versi cepat' ini, perusahaan tersebut juga memberikan versi kedua yang merupakan 'versi lambat' yang hanya mampu berakselerasi 4,6 detik untuk mencapai angka 100 km/jam dan kecepatan puncaknya hanya 160 km/jam. Kedua versi ini memiliki tubuh yang sama.


oto.detik.com

Tidak ada komentar: