Orang Bijak & Tiga Muridnya



Pada suatu hari seorang bijak berkata pada tiga muridnya. Alam Dunia ini gelap gulita, tetapi alam akhirat itu terang benderang, tentu saja hal ini membuat tiga muridnya menjadi bingung, dan bertanya apa maksud dari pernyataan tersebut.

Dengan bijak dia mengajak tiga muridnya ke sebuah mulut gua dan memberikan 1 karung kosong pada tiap2 muridnya, lalu menyuruh mereka masuk ke dalam gua yang gelap dan mengambil kerikil sebanyak dan semampu mereka.

Murid pertama yang taat dan saleh segera memasuki gua tersebut dan mengisi karungnya dengan kerikil hingga penuh, dengan susah payah dia panggul karung berisi kerikil menuju keluar gua, Murid kedua pada mulanya mengisi penuh karungnya tetapi karena merasa keberatan dia membuang setengah kerikilnya pada saat menuju keluar gua, sedang murid ketiga tidak mengisi apapun ke dalam karungnya karena menurutnya konyol dan membuang tenaga.

Lalu tibalah mereka bertiga dihadapan orang bijak yang menunggu di mulut gua, "Bukalah karung kalian" kata orang bijak, dan ketika dibuka ternyata karung tersebut berisi emas.

Betapa gembiranya murid pertama yang taat, karena membawa sekarung emas, dan penyesalan pada murid kedua karena membuang emas pada saat menuju keluar gua, dan terlebih menyesal lagi pada murid ketiga yang tidak membawa emas sedikitpun.

Lalu berkata orang bijak itu " murid2 ku sekarang kalian mengerti kenapa aku bilang jika alam dunia itu gelap dan alam akhirat itu terang, emas yang kalian bawa adalah amal2 dan kebaikan yang akan kalian bawa kelak di alam akhirat, maka berbuat baiklah di dunia yang gelap karena sesunguhnya amal dan perbuatan baik kalian akan dibayar kelak..."




sumber:disignored.blogspot.com

Tidak ada komentar: