NEHEMIA sang MOTIVATOR dan PENDOA



Kisah Nehemia seorang Abdi ALLAH ini sangat jarang juga disinggung
tetapi ada beberapa yang perlu kita ketahui dan ikuti serta belajar dari
Jejak Nehemia

1.Mengaku DOSA

" berilah telinga-Mu dan bukalah mata-Mu dan dengarkanlah doa hamba-Mu yang sekarang kupanjatkan ke hadirat-Mu siang dan malam bagi orang Israel, hamba-hamba-Mu itu, dengan mengaku segala dosa yang kami orang Israel telah lakukan terhadap-Mu. Juga aku dan kaum keluargaku telah berbuat dosa."
(Nehemia 1:6)

2.PENGGERAK

Berkatalah aku kepada mereka: "Kamu lihat kemalangan yang kita alami, yakni Yerusalem telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar. Mari, kita bangun kembali tembok Yerusalem, supaya kita tidak lagi dicela."
(Nehemia 2:17)

3.TELINGA Yang mau mendengar

" Maka sangat marahlah aku, ketika kudengar keluhan mereka dan berita-berita itu

Setelah berpikir masak-masak, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. Kataku kepada mereka: "Masing-masing kamu telah makan riba dari saudara-saudaramu!" Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar."
(Nehemia 5:6-7)

4.Tidak GILA Harta

" Pula sejak aku diangkat sebagai bupati di tanah Yehuda, yakni dari tahun kedua puluh sampai tahun ketiga puluh dua pemerintahan Artahsasta jadi dua belas tahun lamanya, aku dan saudara-saudaraku tidak pernah mengambil pembagian yang menjadi hak bupati."
(Nehemia 5:14)

5.Sikap PEMBERANI (Gentle Man)

Tetapi kataku: "Orang manakah seperti aku ini yang akan melarikan diri? Orang manakah seperti aku ini dapat memasuki Bait Suci dan tinggal hidup? Aku tidak pergi!" (Nehemia6:11)

6.Sikap yang selalu WASPADA

Berkatalah aku kepada mereka: "Pintu-pintu gerbang Yerusalem jangan dibuka sampai matahari panas terik. Dan pintu-pintunya harus ditutup dan dipalangi, sementara orang masih bertugas di tempatnya. Tempatkanlah penjaga-penjaga dari antara penduduk Yerusalem, masing-masing pada tempat-tempat penjagaan dan di depan rumahnya." (Nehemia 7:3)

7.Sang PENGHIMPUN

Maka Allahku memberikan dalam hatiku rencana untuk mengumpulkan para pemuka, para penguasa dan rakyat, supaya mereka dicatat dalam silsilah. Lalu kudapati daftar silsilah orang-orang yang lebih dahulu berangkat pulang. Dalam daftar itu kudapati tertulis: (Nehemia 7:5)

8.TAAT Hukum
(Nehemia 13)


sumber: thetomsjourney.blogspot.com

Tidak ada komentar: