Tuhan, mengapa aku masih dalam masalah ini?


Ketika penundaan terjadi dalam hidup kita, kita mulai bersikap seakan-akan Tuhan tidak pernah melakukan apapun buat kita…

Tuhan pastinya pernah menolong engkau di masa lalu bukan? Engkau bisa mengandalkan-Nya untuk melakukan hal yang sama hari ini, besok, dan hari-hari sesudahnya… Ketika engkau mulai berkata “Tuhan tidak akan menolong dalam masalahku kali ini!” Engkau mulai melupakan waktu-waktu lainnya ketika Dia menolongmu. Beberapa diantaranya engkau sendiri bahkan tidak mengetahui, tapi Dia melakukannya…

Ketika Tuhan ingin membawamu ke suatu tempat, biasanya Dia membawamu melalui jalan yang panjang, bukannya jalan pintas…

Beberapa mungkin bertanya, mengapa Tuhan membawa orang Israel melalui jalan yang panjang, yang menyebabkan penundaan terjadi untuk mereka mencapai tanah yang dijanjikan?

Penundaan dirancang oleh Tuhan dengan alasan. Tuhan menggunakan penundaan untuk mempersiapkan kita. Bangsa Israel adalah budak di mesir, mereka bukan prajurit dan mereka tidak siap untuk berperang. Tuhan tahu kalau mereka langsung maju dalam peperangan, mereka tidak akan bisa menghadapinya.

Semua impian memiliki kesulitanya masing-masing. Tuhan menggunakan penundaan untuk mempersiapkan kita menghadapi waktu-waktu sulit yang akan kita hadapi selama perjalanan. Penundaan-penundaan ini dirancang untuk menguatkan kita dan membuat kita tangguh.

Tuhan menggunakan penundaan untuk menguji kita (Ulangan 8:2). Tuhan menggunakan penundaan untuk menguji bagaimana kita akan bereaksi di bawah tekanan, kesetiaan dan kepatuhan kita kepada-Nya. Tuhan menggunakan penundaan untuk melatih kita, karena kadang lebih lama mengeluarkan Mesir dari kita daripada mengeluarkan kita dari Mesir. Ketika saudara dan saya diselamatkan, kita masih mempunyai kebiasaan dan pola pikir yang dari dunia ini. Tuhan menggunakan penundaan untuk menghancurkan kebiasaan dan pola pikir itu, dan melatihmu dengan cara Tuhan sendiri berpikir dan bertindak.

“Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.” (Yakobus 1:3,4)

Ketika engkau merasa sendirian di padang belantara: you are not !!!

Tuhan tetap menjaga terang-Nya bersinar atasmu. Pergumulan kita memiliki tujuannya, mempunyai nilai kehidupan. Rasa sakit bisa memunculkan yang terbaik dari seseorang. Tekanan bisa menghasilkan sesuatu yang indah. Penderitaan bisa mencapai sesuatu yang besar…

Engkau tidak sedang menghadapi masalahmu dengan tidak ada alasannya. Dalam masalah itu Tuhan sedang bekerja melakukan sesuatu dalam hidupmu – besamamu dan untukmu. Tuhan akan membuat jalan dimana kelihatannya tidak ada jalan lagi, kita hanya perlu menunggu.

“Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.” (Habakuk 2:3)

Hal-hal yang sedang engkau nantikan dari Tuhan… jangan takut friends, satu hal yang Tuhan tidak bisa lakukan terhadap Janji-Nya adalah mengingkari…

Tidak ada komentar: