7 Roh Penghambat Berkat


Oleh: Pdt.Paulus Eko Diyanto, S.Th, MA 

Tuhan menginginkan setiap anak-anak-Nya diberkati. Dan kalau kita bicara berkat, bukan hanya bicara materi saja, tetapi; kesehatan, damai sejahtera, keluarga harmonis, pekerjaan, pelayanan, dan hubungan dengan sesama kita juga baik, keturunan-keturunan kita menjadi keturunan yang berbahagia dan sejahtera. Inilah berkat-berkat disamping berkat materi yang memang setiap anak-anak Tuhan harus menikmatinya.
Tetapi pada kenyataannya sering sekali kita temukan banyak sekali anak-anak Tuhan yang tidak menikmati berkat tersebut. Kalau kita membaca dalam Galatia 3: 14 “Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.”  Tuhan Yesus telah membuat kita sebagai bangsa-bangsa lain (bukan bangsa Israel), dalam istilah Rasul Paulus dalam Roma 11:17 “Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar (bukan bangsa Israel) telah dicangkokkan diantaranya ( dicangkokkan pada pohon zaitun asli = Israel ) dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun  yang penuh dengan getah,”. Jadi saudara-saudara getah berkat Abraham itu seharusnya mengalir dalam kehidupan kita, menghidupi kita, menyegarkan kita, membuat kita menjadi pewaris “Janji Tuhan”. 

Dan perlu kita waspadai bahwa ada 7 roh yang menghambat berkat untuk dialami oleh anak-anak Tuhan, diantaranya :
 
1.Roh Teritorial / Territorial Spirit
Saudara, ternyata peran roh teritorial itu sangat berpengaruh pada kehidupan orang-orang yang berada dibawah kendali roh tersebut. Yang sering dilupakan oleh orang-orang percaya adalah, sesungguhnya Tuhan Yesus telah memberikan kuasa kepada kita untuk mengalahkannya. Kita tidak berada dibawah kendali roh teritorial itu…tetapi roh teritorial itu yang harus tunduk dibawah kendali kita. Kalau hidupmu dikendalikan oleh roh teritorial, maka sudah pasti bahwa kita akan kalah dan tidak bisa menikmati berkat Abraham. Bangkit…!!! hancurkan roh teritorial, alami kemenangan…alami berkat Tuhan.
2. Roh Berbeban Berat / Spirit Of Heaviness
Spirit ini yang membuat orang Kristen menjadi tidak bersemangat, malas, loyo, ogah-ogahan. Siapapun engkau, kalau sudah terkena roh ini, pasti akan jadi miskin, hancur hidupnya, hancur pelayanannya. Spirit ini juga membuat orang malas meninggalkan dosa, selalu berkata tidak mampu melepaskan diri dari dosa, padahal roh berbeban berat inilah penyebabnya. Datang pada Tuhan Yesus, minta kelepasan ( Matius 11:28 ). Tuhan Yesus akan memberikan kelegaan bagi kita.
3. Roh Dusta / The Lying Spirit
Perhatikan, roh dusta ini berasal dari bapa segala pendusta yaitu iblis Yohanes 8:44. Tuhan tidak ingin kita dusta, DIA ingin kita jujur terhadap Tuhan dan terhadap sesama kita. Ada beberapa orang yang hanya gengsi, sampai harus mencari pinjaman kesana-kemari demi penampilan supaya dibilang orang yang berada. Saudara tampillah apa adanya, jujur pada Tuhan, diri sendiri dan sesama, buang topeng-topeng kemunafikan kita.
 
4. Roh Kekacauan / Spirit Of Perverseness
Yesaya 19:14-15 Roh kekacauan ini yang membuat Mesir sehingga segala usahanya dibuat pusing, seperti orang mabuk waktu muntah-muntah. Dan celakanya segala usaha orang Mesir tidak berhasil alias gagal. Usir roh kekacauan ini dari bisnis saudara, dari keluarga saudara, dari rumah tangga saudara, dari pelayanan saudara. Supaya engkau alami berkat Tuhan.
5. Roh Tidur Nyenyak / Spirirt Of Deep Sleep
Yesaya  29: 9 – 11 roh ini membuat orang tidak mengerti visi dari Tuhan Yesus, mata rohaninya tertutup, rohnya ( inner man ) tertidur nyenyak. Tidak mengerti peluang-peluang dalam bekerja, pelayanan, dan selalu tidak bergairah. Beribadah tetapi tidak mengalami mujizat apa-apa, kesukaannya hanya bermimpi belaka tanpa bertindak, sehingga berkatnya ya sebatas impian saja. Bangkit…!!! Jangan tertidur  !!! Tuhan Yesus berkata kepada Petrus Matius 26:40-41 “…Tidakkan kamu  sanggup berjaga-jaga satu ja dengan Aku?. Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan:..”   Usir keluar deep sleep spirit dari hidupmu…buka matamu, lihat sekelilingmu, lakukan sesuatu, jangan menyerah sebelum mencoba, tetap semangat.
6. Roh Takhayul
Walaupun kita sudah menjadi Kristen, tetapi sering sekali kita masih percaya kepada takhayul, dongeng nenek-nenek tua, atau jemaat yang suka mendengar khotbah yang seperti dongeng-dongeng, bukan pengajaran, inilah yang mengikat kita sehingga menjadi orang yang mudah dikuasai iblis dan akibatnya berkat saudara juga dicolong sama iblis.

7. Roh Sombong
Tuhan benci kesombongan. Ingat bagaimana Lucifer jatuh, bukan karena berzinah, mencuri, membunuh, tetapi karena sombong Lucifer harus diusir Tuhan dari Surga dan kehilangan jabatan sebagai pemimpin pujian di Surga. Saudara mari kita minta roh kerendahan hati dari Tuhan supaya berkat tetap menjadi milik kita salama-lamanya.

Bagaimana Mengancurkan 7 roh tersebut :

Bangun pagi, berdoa , memuji Tuhan dalam penyembahan ( Mazmur 5:4 ) minta Tuhan mengenyangkan engkau dengan kasih setia-Nya supaya ada suka cita sepanjang hari yang engkau lewati, sukses dan diberkati ( Mazmur 90:14 ).***

Tidak ada komentar: