Populasi Kendaraan Di China Hampir Menyamai Jumlah Penduduk Indonesia



China selain dikenal sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia ternyata juga memiliki kendaraan bermotor yang tidak kalah banyaknya. Menurut perhitungan pemerintah China, sampai akhir Juni lalu tercatat 217 juta kendaraan bermotor lalu lalang di negeri tirai bambu tersebut.

Ekonomi China saat ini memang sedang naik dan menggila. Hal itu tentu membawa peningkatan pula pada populasi kendaraan bermotor disana. Menurut data yang dilansir Kementerian Keamanan Publik China, pada akhir Juni 2011 sudah tercatat 217 juta kendaraan bermotor disana.

Angka tersebut termasuk truk, mobil dan sepeda motor. Dan bila ditelaah meliputi 98,46 juta mobil dan 102 juta motor sisanya truk. Dengan begitu, jumlah kendaraan di China ini hampir mendekati jumlah penduduk Indonesia yang berkisar di angka 235 juta unit.

Akibat perkembangan ekonomi China belakangan, pertumbuhan jumlah kendaraan di China pun meningkat seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat.

Secara total, kendaraan bermotor di China mengalami peningkatan tajam. Di paruh pertama 2011 ini saja sudah ada 10,05 juta kendaraan yang terjual dengan 7,6 juta mobil diantaranya.

Bila diteliti, ada sebelas kota di China yang memiliki lebih dari satu juta mobil termasuk Beijing, Shenzhen, Shanghai, Chengdu, dan Tianjin. Jumlah mobil di jalan-jalan Beijing bahkan mencapai 4.640.000 unit.

Adapun jumlah mobil pribadi di negara itu menyumbang lebih dari 70 persen dari total mobil yang ada di China. Untuk industri otomotifnya sendiri, China sudah sanggup menggeser Amerika Serikat sebagai produsen mobil dan pasar mobil terbesar di dunia pada tahun 2009.


sumber: detikoto

Tidak ada komentar: