Lebih Dari 90 Orang Korban Tewas Serangan Brutal Di Norwegia


Tersangka dalam serangan di Norwegia mau bekerja sama dalam penyelidikan. Menurut polisi dia mau menceritakan apa motif perbuatannya ini.

Masih belum jelas bagaimana tersangka ditangkap. Tersangka, orang Norwegia, Anders Behring Breivik, bertanggung jawab atas penembakan puluhan anak muda di pulau Utoya, dekat Oslo. Mereka merupakan peserta acara perkemahan pemuda partai sosial demokratis Norwegia. Korban tewas akibat penembakan sampai saat ini sebanyak 84. Puluhan orang dirawat di rumah sakit, beberapa dalam kondisi kritis. Di perairan sekitar pulau masih dilakukan pencarian mayat.

Pelaku leluasa melancarkan aksinya kira-kira setengah jam. Menurut seorang polisi, sebuah tim penangkapan khusus segera diturunkan secepatnya setelah penembakan dimulai. Dia menekankan bahwa tim tidak bisa diturunkan lebih cepat dari itu.
Sebelumnya, pada hari yang sama tersangka juga meledakkan bom di depan gedung pemerintah di Oslo. Tujuh korban tewas.
Tersangka ditangkap memiliki perusahaan sayuran sehingga dapat membeli pupuk dalam jumlah besar. Ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk bahan peledak. Menurut wartawan Norwegia, perumahan dan gudang di sekitar daerah Hamar sedang diselidiki polisi karena diduga sebagai tempat tersangka merangkai bom. Dini malam kemarin polisi memasuki apartemen Anders Breivik dengan mengenakan rompi anti peluru. Penyelidikan masih dilakukan sampai saat ini. Pria itu memiliki izin untuk kepemilikan pistol dan dua senapan.

sumber: RNW-Indonesia

Tidak ada komentar: