TIPS SEHAT


ZUS SEMANGKA

Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah. Kelebihan kandungan asam urik dalam tubuh yang menyebabkan arthritis, encok dan keracunan urea dapat dihilangkan dengan meminum jus semangka secara teratur dua kali sehari. ***


Pisang, Membantu Usir Banyak Penyakit

"Sudah jadi kebiasaan Wilda dan keluarganya untuk menyantap pisang sebagai hidangan penutup setelah makan. Tentu saja Wilda menyajikannya dalam berbagai variasi, mulai dari pisang Raja,
Lampung, Ambon dan Kepok. Bisa digoreng, dijadikan es krim banana split atau di jus. Untungnya sang suami dan balitanya tak pernah kelihatan bosan menyantapnya. Apalagi setelah Wilda menerangkanbahwa pisang itu punya banyak khasiat."

Kandungannya Serba 'Lebih Banyak' Memang apa saja sih kehebatan si buah pisang ini? Hasil penelitian baru-baru ini menyebutkan, energi yang dihasilkan oleh 2 buah pisang ukuran sedang , sama dengan
energi yang dikeluarkan seseorang ketika melakukan penelitian selama 90 menit. Bahkan jika dibandingkan dengan apel, pisang memiliki protein lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak, kadar fosfor
4 kali lebih banyak dan vitamin juga mineral 2 kali lebih banyak. Masih ada lagi manfaat lainnya. Ingin tahu? Simak dulu: Ampuh Buat Penderita Maag Daging buah pisang dapat melapisi dinding-dinding
lambung dan usus sehingga dapat berfungsi menjadi lapisan anti radang. Dalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, disebutkan pisang adalah makanan mujarab bagi penderita maag. Kandungan pektin yang tinggi dalam pisang dapat melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung

Mengobati Tekanan Darah Bagi penderita tekanan darah tinggi buah pisang baik untuk dikonsumsi. Alasannya karena pisang sebagai buah khas tropik mengandung potisium tinggi yang berguna bagi orang yang harus melakukan diet rendah garam.

Mengandung Kalium Kalium pada pisang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot.

Mengurangi Tingkat Depresi Protein trypotophan, sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang dimiliki oleh pisang, mampu membuat orang menjadi lebih santai dan bahagia. Posatium dalam pisang mampu membuat detak jantung lebih stabil sehingga oksigen yang dipasok ke otak tetap stabil.

Membantu Fungsi Syaraf Kandungan vitamin B-6 (Pyridoxine) di dalam pisang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah dan antibodi untuk melawan berbagai penyakit dan membantu fungsi sistem saraf.

Mengurangi Rasa Mual Bagi ibu hamil yang sering mual di pagi hari tak ada salahnya untuk memakan pisang sebagai camilan. Kandungan gula alami yang tinggi dapat mempertahankan kadar gula yang tetap dalam darah sehingga mengurangi rasa mual.***

ATASI MASALAH TIDUR
"Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."

OBATI MATA MERAH
"Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh.

GUNAKAN BIJI PEPAYA UNTUK DIARE
"Gunakan biji buah pepaya untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 7-10 butir biji pepaya dicuci bersih lalu dikunyah 1 kali sehari. Biji pepaya mempunyai daya antiseptik terhadap bakteri penyebab diare, yaitu Escherichia coli dan Vibrio cholera.

BUAH NONA UNTUK DIARE
"Buah Nona (Annona reticulata) yang bentuknya mirip srikaya, bisa dimanfaatkan untuk obat diare atau disentri. Cara rebus batang buah nona yang kemudian air rebusannya diminum sehari sekali. Batang buah Nona mengandung Senyawa asetogenin."

MANFAAT BUNGA KECUBUNG
"Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung (Datura Fatuosa) dan gunakan air rebusannya untuk obat kompres rematik, bengkak, anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul. Kecubung berkhasiat karena memiliki efek antiasmatik, antitusif, antirematik, analgesik, afrodisiak dan anestetik."

MINUM REBUSAN KULIT PISANG
"Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotonin yakni hormon yang mengatur mood (suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stres."

DAUN SIRIH UNTUK MIMISAN
"Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."

MANFAAT ES BATU
"Tempelkan es batu ke bagian punggung yang sakit. Dengan segera rasa nyeri punggung akan membaik seiring dengan cairnya es batu tersebut. Es batu yang ditaruh di leher dan pelipis juga bisa meredakan sakit kepala.


Jaga Kesehatan Mata dengan Biji Pepaya
Bagaimana menjaga kesehatan mata? Menurut dr. Rini Mahendra SpM cara yang mudah dilakukan, salah satunya ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Mengapa biji pepaya? Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata. Bila Anda tidak tahan akan rasa getirnya, maka Anda dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.


TIPS SULIT TIDUR

Anda tahu, salah satu kunci punya kulit segar adalah cukup tidur. Tidur cukup juga merupakan kiat menjadi langsing. Masih tetap sulit tidur? Tip dari the Comprehensive Epilepsy and Sleep Disorder Center di Baylor Regional Medical Center, Texas, AS, berikut ini layak dipertimbangkan, biar kita bisa tidur 7-8 jam pada malam hari. 


Kendalikan asupan kafein 
Bukan cuma kopi yang mengandung kafein, tetapi juga teh dan cokelat. Kurangi porsi mengonsumsi kafein di sore hari, lebih-lebih sesudah makan malam. Usahakan enam jam sebelum waktunya tidur Anda tidak lagi mengonsumsi kafein.


Kendalikan stres 
Stres kadang diperlukan untuk "meningkatkan diri", tetapi jangan sampai mengganggu tidur. Yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan semua masalah sebelum menaiki tempat tidur. Ucapkan syukur dan terima kasih karena Anda mengalami banyak hal yang memusingkan. Ibarat piknik, Anda punya pengalaman beragam. Namun, katakan pada tubuh dan pikiran Anda bahwa sekarang adalah saatnya beristirahat.


Jadwalkan ulang olahraga malam 
Olahraga memang bisa membuat tubuh rileks dan memudahkan tidur. Meski demikian, Anda bisa sulit tidur jika berolahraga dekat dengan waktu tidur. Masalahnya, tidur butuh suhu tubuh lebih rendah, sedangkan olahraga membuat suhu tubuh naik. Lakukan olahraga sebelum makan malam.


Tetapkan waktu tidur yang rutin 
Mulailah berdisiplin, jam berapa Anda harus naik ke tempat tidur dan jam berapa bangun. Artinya, matikan TV, letakkan bacaan, matikan lampu setelah membersihkan tubuh (kalau bisa dengan air hangat). (GHS/wid).


TIPS AGAR ASAM URAT TIDAK KAMBUH

Meski tak terlalu membahayakan, misalnya dibandingkan dengan penyakit jantung, kanker, dan diabetes, seseorang yang menderita asam urat (hiperuricemia) pasti kerap mengeluh. Gejala yang dialami penderita ini bervariasi, mulai dari sering mengalami kesemutan, linu, nyeri (terutama malam atau pagi hari setelah bangun tidur), dan sebagainya.
Apabila kondisinya parah, penderita akan mengalami bengkak pada sendi-sendi yang terkena asam urat. Bagian tersebut memerah, terasa panas, dan nyeri sekali pada malam dan pagi hari. Dahulu, penderita asam urat biasanya orang-orang yang sudah memasuki usia senja. Kini, seiring dengan perubahan ritme hidup dan pola makan, banyak anak muda yang mengalami gangguan serupa.
Gangguan ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dalam darah secara tak wajar (abnormal). Dalam keadaan wajar, kadar asam urat dalam darah untuk pria dewasa sekitar 3,5 - 7,2 mg/dl. Sedangkan untuk wanita sekitar 2,6 - 6,0 mg/dl. Tetapi pada orang tua, angka kondisi normal sedikit lebih tinggi.


Jaga Kesehatan Mata dengan Biji Pepaya
Bagaimana menjaga kesehatan mata? Menurut dr. Rini Mahendra SpM cara yang mudah dilakukan, salah satunya ialah dengan mengonsumsi biji pepaya. Mengapa biji pepaya? Konon biji pepaya mengandung senyawa likopen yang penting bagi kesehatan mata. Bila Anda tidak tahan akan rasa getirnya, maka Anda dapat mengonsumsinya dengan ditambah madu, atau sebagai campuran minum teh. Selain itu bisa juga biji tersebut dijemur atau disangrai untuk kemudian dimakan sebagai snack. Konsumsilah secara teratur, kira-kira tiga kali sehari sebanyak sepuluh butir.


Biji Tomat Cegah Penyakit Jantung
Anda suka minum jus tomat tapi kerapkali membuang bijinya? Mungkin setelah membaca artikel ini kebiasaan itu harus diubah. Berdasarkan riset yang dilakukan Rowett Research Institute di Scotlandia, ditemukan bahwa cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat disekitar biji tomat mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung. Bila Anda meminum jus tomat tanpa membuang bijinya, maka Anda telah mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah sekitar 72 persen, hingga dapat Anda dapat terhindar dari penyakit jantung.


Jangan Lama Mencelup Teh
Teh diakui berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Teh juga telah menjadi konsumsi khalayak luas sebagai minuman sehari-hari. Teh dikemas dalam bentuk teh celup juga teh bubuk. Namun ada yang perlu diperhatikan pada teh celup, yaitu pemakaiannya. Teh celup sebaiknya tidak dicelupkan terlalu lama. Ini berlaku untuk semua teh, berwarna maupun teh hijau.
Ini disebabkan adanya kandungan zat klorin dalam kantong kertas teh celup. Zat ini fungsinya untuk disinfektan kertas sehingga kertas akan terbebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama. Kertas dengan klorin tampak lebih bersih. Namun disinfektan dalam jumlah besar tidak berbeda jauh dengan racun serangga.
Sehingga dianjurkan jangan mencelupkan teh celup dalam waktu lama. Jika mencelup kantong teh lebih dari 3-5 menit, klorin akan ikut larut dalam teh. Agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan penyakit, sebaiknya jangan mencelup kantong teh lebih dari 3 menit.


Kumur-kumur Saat Asma
Asma merupakan salah satu penyakit kronik terbanyak pasiennya di dunia. Menurut dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, diperkirakan pada tahun 2005 ada tambahan sekitar 100 juta pasien asma di dunia. 
Pengobatan asma ada yang bersifat pelega (reliever), ada pula yang bersifat pengontrol (controller). Obat asma yang paling aman dan efektif adalah yang diberikan dalam bentuk disemprot atau dihisap (inhaler) karena akan langsung masuk ke saluran nafas, efeknya cepat, efek samping minimal, dan dosisnya kecil.

Tidak ada komentar: