TIPS BIJAK



HUJAN, HINDARI GUNAKAN PONSEL

ANDA perlu mempertimbangkan, apa lagi jika tidak perlu-perlu amat menggunakan ponsel saat ada petir, badai atau hujan yang bepotensi jadi badai. Jika ingin tidak mendapat celaka mendingan ponsel anda dimatikan.

Menurut penelitian dokter di Inggris memperingatkan bahaya menggunakan ponsel disaat serangan petir.

Ketika seseorang tersambar petir, kulit manusia yang tergolong tinggi daya tahannya menyebabkan petir mengalir ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dikenal sebagai "External flashover". Besi yang ada di ponsel menjadi penghubung antara petir dan manusia.
Dalam sebuah Jurnal Medis di Inggris, seorang remaja yang terluka cukup parah setelah tersambar petir ketika berbicara via ponsel. Demikian juga yang menimpa seorang wanita tersambar petir ketika berbicara via ponsel di sebuah taman di London selagi hujan lebat mengguyur.

Ia tidak mengingat kejadian tersebut akan tetapi ia menderita penyakit jantung. Setahun kemudian ia harus berada di kursi roda dan mengalami kesulitan menggerakkan tubuhnya dan kerusakkan otak yang mempengaruhi masalah emosi.

Dokter di Rumah Sakit Northwick Park, London yang mengobati luka pada pendengaran wanita itu mengaku bahwa ada tiga kasus yang ia temukan. Ketiganya disambar petir ketika berbicara via ponsel. Ketiganya meninggal dunia akibat luka-lukanya. Untuk jaga-jaga, tidak ada salahnya sebaiknya anda mematuhi saran dokter tersebut agar menghindari penggunaan ponsel saat hujan *** (PK-Ginting).

Tidak ada komentar: