Mengapa Wanita Terlena Dengan Pria Bersuara Berat?


Penyanyi soul bersuara berat, Barry White [google]

Anda pernah melihat sebuah iklan produk permen pelega tenggorokan di televisi? Kisahnya seorang istri yang sibuk belanja tak mau mendengar permintaan suaminya. Sang suami kemudian memakan permen, dan suaranya menjadi berat dan dalam. “Mama…” katanya. Kontan sang istri menghentikan aktivitasnya, dan juga sejumlah wanita di sekeliling sang suami ikut terhanyut. 

Mungkin ini agak berlebihan. Tetapi penelitian mengatakan, kaum pria dengan suara berat, seperti penyanyi soul Barry White mampu diingat dan bahkan dikangeni lawan jenisnya. 

Mengapa demikian? Menurut ilmuwan, kaum wanita sangat sensitif dengan pola suara dan mampu mengingat suara berat diantara suara-suara bernada tinggi. 

Menurut ilmuwan dari Universitas Aberdeen, kaum cewek akan menggunakan pola suara untuk menilai kualitas genetik, seperti juga tingkah laku dari lawan jenisnya. 

Pola suara ternyata dipandang kaum wanita sangat penting dalam bagian mereka mencari pasangan untuk jangka panjang. Sehingga saat mereka mengevaluasi pasangan yang potensial, kaum cewek cenderung mengandalkan ingatan cepat mereka berdasarkan informasi yang tersedia. 

Ada dua hal yang biasa cepat diingat, suaranya atau tingkah lakunya. 

Ilmuwan juga melakukan eksperimen, dimana 45 wanita diminta menunjukan sebuah gambar obyek sambil mendengar nama obyek itu disebutkan dengan nada suara tinggi atau berat dari pria dan wanita. 

Mereka kemudian diminta mengidentifikasi dari obyek yang mereka lihat dan nama yang disebutkan berdasarkan suara. Kemudian pada tes kedua, kelompk wanita itu diminta menuliskan obyek yang mereka ingat berdasarkan suara yang menyebutkan nama obyek tersebut. 

Hasilnya, ternyata kelompok cewek ini sangat kuat mengingat ketika obyek tersebut disebutkan dengan suara berat kaum pria. 

“Apa yang kami demonstrasikan menunjukkan ingatan kaum wanita lebih cepat menangkap suara berat kaum pria,” ungkap kepala peneliti, Dr David Smith.



sumber:suarapembaruan.com

Tidak ada komentar: