Menarik, Penderita Sakit Jiwa Dilatih Beternak Itik


Salah satu penderita gangguan jiwa dipasung dalam sangkar saat masih mengalami gangguan jiwa. Mereka akan diberi pelatihan dan modal usaha untuk beternak itik. Diharapkan para mantan gangguan jiwa ini bisa sembuh total setelah menekuni pekerjaan rutin dan mendapatkan penghasilan.

Ini kabar menarik bagi para penderita gangguan jiwa. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, puluhan "alumnus" Rumah Sakit Dadi, Makassar, Sulawesi Selatan, akan diberi pelatihan cara beternak itik.
Dengan kegiatan ini, diharapkan bekas penderita gangguan jiwa bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi. Teorinya, dengan aktivitas tertentu, seperti beternak itik, penderita gangguan kejiwaan dapat menyalurkan energi dan konsentrasinya dengan baik.
Sayangnya, proyek ini dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, pemerintah hanya memberikan bantuan pelatihan bagi 25 bekas penderita gangguan jiwa yang dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit. Sementara 43 penderita lainnya baru akan direkrut pada tahap berikutnya.
Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar beralasan, keterbatasan dana membuat program ini dilakukan secara bertahap. Kepala Bagian Humas Pemkab Polewali Mandar Muhammad Daniel, menyebutkan, pelatihan dan pemberian bantuan modal berupa itik diharapkan bisa membantu mereka mendapatkan lapangan pekerjaan.
Menurut Daniel, salah satu pemicu tingginya angka gangguan kejiwaan adalah tidak adanya pekerjaan tetap. "Pemerintah punya tanggung jawab moral tak hanya menggratiskan biaya pengobatan selama perawatan di rumah sakit, tetapi juga memberikan bantuan modal usaha agar mereka tak stres lagi," tutur Daniel. ***

sumber:kompas.com

Tidak ada komentar: