Unik, Bukit Salib (The Hill of Crosses)



Bukit salib adalah sebuah tempat berziarah sekitar 12 km sebelah utara kota Siauliai, di utara Lituania. Asal-usul tempat ini tidak diketahui, dan salib-salib ini pertama kali ditemukan di Jurgaiciai atau Domantai bukit benteng setelah Pemberontakan 1831. Selama berabad-abad, tidak hanya salib, tetapi salib raksasa, ukiran Lithuania patriot, patung Perawan Maria dan ribuan stupa kecil dan rosario telah dibawa ke sini oleh peziarah Katolik. Jumlah salib tidak diketahui, tapi perkiraan sekitar 50.000 salib.


Selama berabad-abad, tempat ini di keramatkn umat Katolik Lithuania meskipun mendapat ancaman-ancaman sepanjang sejarah. Setelah partisi 3 dari Persemakmuran Polandia-Lithuania pada tahun 1795, Lithuania menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia. Polandia dan Lithuania berhasil memberontak melawan pemerintah Rusia pada tahun 1831 dan 1863. Dan untuk mayat mayat pemberontak yang tewas, mereka mulai memasang salib sebagai simbolis dibukit tersebut


Ketika Eropa Timur runtuh pada tahun 1918, Lithuania sekali lagi menyatakan kemerdekaannya. Sepanjang waktu ini, Bukit salib Lithuania digunakan sebagai tempat untuk berdoa bagi perdamaian, untuk negara mereka, dan untuk orang-orang terkasih mereka telah hilang selama Perang Kemerdekaan.







Baru-baru ini, tempat tersebut mengambil makna khusus selama tahun 1944-1990, ketika Lithuania diduduki oleh Uni Soviet. Melanjutkan perjalanan ke Hill dan meninggalkan upeti mereka, Lithuania digunakan untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada agama mereka yang asli, identitas dan warisan meskipun Soviet bekerja keras untuk menghapus salib salib tersebut. setidaknya sudah tiga kali upaya untuk menghancurkan bukit salib tersebut pada tahun 1963 dan 1973. Bahkan ada rumor bahwa pemerintah berencana untuk membangun sebuah bendungan di dekatnya di Kulve.




sumber: www.eocommunity.com

Tidak ada komentar: