Mempersiapkan Masa Pensiun



Masa pensiun atau berhenti dari pekerjaan menjadi dilema bagi banyak orang. beberapa orang dapat menikmatinya denga bahagia , dalam jmlah relatif kecil, sementara jauh lebih banyak orang yang terbelit dengan masalah keuangan atau harus mengantungkan hidupnya pada keluarganya ketika masa pensiun tiba.   Beberapa hal berikut mugkin dapat menolong anda yang ingin menjalani pensiun dengan bahagia :

1. Menentukan saat pensiun. Kecuali anda pensiun dalam waktu tertentu menurut ketentuan dari perusahaan atau kantor, anda perlu menentukan kapan saat yang tepat untuk pensiun.  beberapa orang memutuskan untuk pensiun dari pekerjaan di usia muda, ketika kondisi fisik masih kuat, dengan bekal pengalaman dan tabungan untuk membuka usaha sendiri.  mengetahui saat pensiun sangat penting untuk anda dapat membuat perencanaan masa pensiun.

2.Menentukan tempat menjalani pensiun. Langkah selanjutnya, pilihlah tempat yang anda tentukan untuk menjalani pensiun, misalnya : kembali ke kampung halaman, membeli villa di daerah pegunungan, atau di luar negeri. Bebrapa hal yang perlu anda pertimbangkan adalah apa yang akan dikerjakan setelah pensiun, seberapa besar kemapuan keuangan, dan mental untuk menjalani masa pensiun, terutama bila kondisi lingkungan dari tempat pensiun yang anda pilih berbeda dari tempat ketika anda masih aktif bekerja.

3.Menyusun rencana keuangan. Inilah hal yang tak boleh terlewatkan ketika anda ingin mengalami masa pensiun dengan bahagia. bila tidak, anda kan menjalani masa pensiun dengan standar hidup dibawah standar atau masih bekerja setelah pensiun. Perkirakan berapa besar dana yang anda butuhkan kelak ketika pensiun dan berapa jumlah uang yang harus anda kumpulkan mulai sekarang.  Bila anda termasuk orang yang sukar untuk menabung atau bingung bagaimana  menyusun rencana keuangan anda, ada baiknya mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan financial planner (perencana keuangan) untuk menolong anda merencanakan keuangan dengan baik.


(Muda berkarya, tua bahagia/ Drs Soeparno Brotoraharjo, MM,APU/penerbit Andi )

Tidak ada komentar: