Ikan Terbang, Unik dan Mengagumkan



Exocoetidae, adalah keluarga ikan laut dalam urutan kelas Beloniformes Actinopterygii. Ikan dari keluarga ini dikenal sebagai ikan terbang. Ada sekitar 64 spesies dikelompokkan dalam tujuh sampai sembilan marga.

Ikan terbang dapat dilihat melompat keluar dari perairan laut yang hangat di seluruh dunia. Bentuk ramping torpedo mereka membantu mereka mengumpulkan cukup kecepatan di bawah air untuk memecahkan permukaan, dan mereka yang besar, memiliki sayap seperti sirip dada untuk mendapatkan udara.

Ikan terbang yang diperkirakan telah berevolusi dan memiliki kemampuan untuk meluncur yang luar biasa hingga dapat menghindari predator. Pengejar mereka termasuk makarel, tuna, ikan pedang, marlin, dan ikan besar lainnya. 

Ada sekitar 40 spesies yang diketahui ikan terbang.  Semua jenis ikan ini memiliki ekor bercabang merata, dengan lobus bawah lebih panjang dari lobus atas. Banyak spesies memperbesar sirip pelvis dan dikenal sebagai ikan terbang bersayap empat.

Proses untuk terbang, atau meluncur, dimulai dengan menggunakan daya air dalam kecepatan tinggi, sekitar 37 mil (60 kilometer) per jam.  Mampu melanjutkan penerbangan sedemikian rupa, ikan terbang telah dicatat membentang penerbangan mereka dengan berturut-turut meluncur mencakup jarak hingga 1.312 kaki (400 meter).
















Tidak ada komentar: