Apa Yang Menyebabkan Seseorang Mengalami Gangguan Jiwa?



Sebetulnya, keadaan semacam itu tidak ada. Saraf tidak pernah runtuh. Sekali pun ada orang yang menderita penyakit emosi yang parah dan menyerang dengan tiba-tiba, mereka hanya mengalami berbagai gejala psikis yang membuat mereka tidak mampu lagi menjalani kehidupan normal.
Ada banyak macam gangguan dan penyebabnya sehingga sulit diklasifikasikan. Seseorang dapat menjadi histeris dan tingkah-lakunya menjadi aneh dan tidak terkontrol, seperti menangis tersedu-sedu atau tertawa terbahak-bahak tanpa sebab atau usaha melakukan bunuh diri. Ada juga yang menjadi sangat tertekan dan menarik diri sepenuhnya dari kehidupan sepanjang hari. Ada juga yang menjadi liar, mabuk dan berkeliaran ke mana-mana sehingga sering berurusan dengan polisi. Kemungkinan-kemungkinan seperti di atas dapat terjadi sesuai dengan kepribadian manusia yang beraneka ragam.
Penyebab utamanya adalah sama, yaitu ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang ada. Dan ini dapat terjadi pada orang yang belum pernah mengalami masalah psikis maupun yang menderita penyakit skizofrenia yang parah. 

(Claire Rayner)

Tidak ada komentar: