10. Hewan Dengan Ketrampilan Yang Mengesankan

1. Berbulu Basilisk
Kadal Yang berasal dari Amerika tengah ini banyak menghabiskan waktu di pohon sekitar sungai yang berair deras. Mereka  mampu menahan nafas di dalam air selama kurang lebih 30 menit. Hal tersebut dilakukan jika ada bahaya dari pemangsa lainnya. reptil pirus-hijau yang indah ini, dikenal juga karena memiliki kecepatan ketika berjalan di darat, bahkan hingga 7 mil per jam.





2. Bloodhound
Kemampuan penciuman anjing ini sungguh luar biasa, bahkan sensitifnya bisa mencapai satu juta kali dari manusia.
Karena sistim fine-tuned yang dimilikinya ia disebut "hidung detektif super". Hidung nya memiliki lebih dari 200 juta sel penciuman, yang dapat mengunci ke bau dan mengikutinya selama beberapa hari, meskipun kehadiran aroma lain di sepanjang jalan. Perasaan tajam penciuman, bersama dengan kegigihan para anjing pelacak itu, membuat anjing ini sebagai pelacak yang ideal. 



3. Eagle 
Semua burung pemangsa memiliki penglihatan yang sangat tajam, hal tersebut diandalkan dalam rangka mencari mangsa.
Elang bisa melihat setidaknya empat kali sedetail manusia





4. Dung Beetle
Kumbang Dung terkenal di dunia dikarenakan kemampuan mereka untuk menggulung kotoran menjadi bola yang melintasi area yang luas. Bukti terbaru menunjukkan bahwa spesies kumbang kotoran lainnya (Afrika Scarabeuszambesianus) memiliki ketrampilan lainnya, yaitu menggunakan navigasi terpolarisasi cahaya dari bulan.
Serangga ini sering diamati untuk melakukan perjalanan di garis lurus dengan bola kotoran mereka, walaupun apapun hambatan yang mungkin mereka hadapi. Tampaknya serangga ini bergantung pada pola yang tercipta saat cahaya bulan berinteraksi dengan partikel di atmosfer (polarisasi) untuk navigasi dalam garis lurus. Bila tidak ada cahaya bulan tersedia, kumbang kotoran cenderung membelok, kurva atau berkelok-kelok.





5. Puma
memiliki kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. Puma adalah salah satu predator paling tangguh di planet ini.
Puma juga dikenal sebagai singa gunung cougar, atau panther, hewan ini memiliki kaki belakang berotot dan cakar besar yang dirancang untuk kokoh dalam melompat. Dari posisi berdiri, puma telah diketahui bisa melompat 15 meter vertikal.  Puma menggunakan keterampilan luar biasa untuk berburu, diam-diam menyelinap di antara mangsanya sampai mereka berada dalam jarak terkam dan kemudian menerkam sekaligus menggigit dengan cepat di leher korbannya.



6. Kelelawar
Kelelawar memiliki banyak adaptasi yang unik dan menarik. Sebagai contoh, kelelawar sering menghabiskan sebagian besar waktu mereka terbalik dan beberapa kelelawar diantara mereka memakan darah hewan lain. Mereka juga satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Tapi mungkin fitur yang paling mengesankan dari kelelawar adalah kemampuan mereka untuk berburu dengan menggunakan echolocation. Dengan echolocation, kelelawar mengirimkan klik frekuensi tinggi saat mereka terbang. Kemudian, mereka mendengarkan variasi dalam gema yang datang kembali, yang menunjukkan lokasi serangga di dekatnya. 



7. Shark
Hiu adalah salah satu hewan paling sukses evolusi di planet ini, karena sebagian besar mereka melakukan berbagai adaptasi yang memberi mereka keunggulan kompetitif di alam liar. Salah satu adaptasi adalah electroreception, yang merupakan sensitivitas impuls listrik. Berikut adalah cara kerjanya: sebagai ikan yang berenang di seputar air, gerakan mereka mengirimkan sinyal-sinyal listrik kecil melalui air. Hiu menangkap sinyal tersebut sebagai air yang melewati serangkaian penuh jelly-pori-pori di kepala mereka. Pori-pori, yang disebut ampullae de Lorenzini, merupakan perpanjangan dari sistem garis rusuk hiu, yang merupakan organ sensorik yang membentang di sisi tubuh mereka. 





8. Cephalopoda
Cumi, sebagaimana gurita adalah invertebrata tercepat di laut, sebagian karena kemampuan mereka untuk berenang seperti jet. Mereka mampu melaju hingga 25 mil per jam.





9. Hummingbird
Tidak hanya kolibri di antara burung paling indah di planet ini, mereka juga brosur yang paling mengesankan. Dalam sayap mereka sendi antara lengan atas dan bawah diposisikan sangat dekat dengan tubuh, memberi mereka leverage dan fleksibilitas yang luar biasa di udara. Mereka juga mengepakkan sayap mereka sangat cepat. Kolibri adalah burung-satunya yang bisa terbang mundur dan terbalik. Mereka juga burung yang memiliki kemampuan untuk melayang-layang di udara.





10. Cheetah
Cheetah bisa berlari hingga mencapai kecepatan 68 mil per jam. Cheetah adalah hewan darat tercepat di dunia.
Dengan kaki panjang, kepala kecil dan tubuh langsing, hewan ini praktis ideal dalam kecepatan. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar